Diberdayakan oleh Blogger.
Latest Post

UKURAN AIR DUA KULLAH DAN CEBOK PAKAI TISU

Written By lesbumi on Kamis, 01 April 2021 | 09.15

UKURAN AIR DUA KULLAH

Rangkuman kitab Karya nya Saykhona Kholil Bangkalan
كل ماء نزل من السماء او نبع من الأرض فهو طاهر مطهر
Setiap air yg turun dari langit atau keluar dari bumi itu suci dan menyucikan
فالقليل ماء دون القلتين وهو يتنجس بوقوع النجاسة فيه وان لم يتغير
Air yg sedikit yaitu air yg kurang dari dua kullah, bisa najis apabila kejatuhan najis. Maskipun air tsb tidak berubah
والكثير قلتان فأكثر وهو لا يتنحس بوقوع النجاسة الأ اذا تغير طعمه اولونه او ريحه 
Air yg dua kullah tidak akan bisa najis maskipun kejatahun najis, kecuali berubah rasa nya, warna nya, atau bau nya..

Berpa ukuran Air dua kullah tersebut..?
وقدر القلتين بالوزن خمسمائة رطل بغدادي 
Ukuran Air dua kullah itu kira² 500 Ritel dgn pakai ukuran Bagdad, kalau versi ukuran skg kira² 217 Liter Sprti yg di jelaskan di kitab التقريرة الشديدة karya nya Habib Zain bin Smith
وبالمقاييس الحديثة ٢١٧ لترا تقريبا 
Klau di ukur dgn zaman skg kurabg lebih 217 liter..

ISTINJA'/CEBOK DENGAN TISU

والأستنجاء واجب من كل خارج ملوث من السبيلين بماء اوثلاث احجار 
Istinja' itu wajib pakai Air/Batu, dari setiap yg keluar dari Qubul/Dubur 
اوما يقوم مقامهما 
Atau dengai pakai sesutu yg sama dgn Air/Batu
من كل جامد طاهر قالع غير مطعوم ولا محترم ولا مبتل 
Istinja'/cebok dgn batu itu harus dgn sesuatu yg keras juga suci yg bsa menghilangkan najis, dan tidak bisa makan, dan tidak di mukyakan, dan tidak basah..

Zaman semakin canggih, batu pun udah tidak pakai, tisu pun bisa menjadi Alat untuk Istinja' selama tisu tadi tidak basah sprti yg di jelaskan dalam kitab بغية المسترشدين
يجوز الإستنجاء بأوراق البياض الخالى عن ذكر الله كما فى الإيعاب
Diperbolehkan istinja’/cebok dengan menggunakan kertas² putih/tisu yg tidak terdapat tulisan asma Alloh seperti dalam keterangan kitab Al-I'ab.

Penulis : Anam Az-Zaheery

MENJAGA NKRI DENGAN BINGKAI PERSAUDARAAN BUKAN DENGAN PERMUSUHAN

Written By lesbumi on Rabu, 31 Maret 2021 | 07.28

MENJAGA NKRI DENGAN BINGKAI PERSAUDARAAN BUKAN DENGAN PERMUSUHAN

Sebagai bangsa yang mempunyai berbagai macam keragaman baik manusia maupun sumber daya alamanya. Indonesia merupakan zamrud yang akan menjadi rebutan banyak pihak yang menginginkan keuntungan darinya. Eksistensi Indonesia sebagai bangsa tentu mempunyai posisi yang sangat strategis bagi bangsa-bangsa lainnya. Deskripsi yang demikian sesuai dengan pepatah bahwa ada gula pasti ada semut.

Keragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan warisan berharga yang tidak ternilai harganya. Masyarakat Indonesia sejak dahulu kala sudah terbiasa dengan keragaman yang melekat pada diri mereka. Meskipun mereka belum mengenal konsep multikulturalisme atau pluralisme. Bangsa Indonesia sudah terbiasa hidup rukun antara satu sama lain dengan sikap saling menghormati dan menghargai, serta bergotong-royong dalam menjalankan aktivitas kehidupan.

Mari kita sebagai bangsa indonesia menjaga tanah air ini dengan ukhuwah (persaudaraan) bukan dengan 'aduwah (permusuhan), konsep-konsep ukhuwah ini udah di rumuskan oleh Nahdlatul Ulama, maka nya Berapapun besar biaya dan resiko NU tetap akan membela keutuhan NKRI, maka dari itu KH. Achamd Siddiq waktu menjabat Rais Am Syuriyah PBNU  pada tahun 1984-1991 mengkonsep UKHUWAH/persaudaraan untuk menjaga NKRI.

UKHUWAH ISLAMIYAH/Persaudaraan ummat islam, kita sudah tau semua bahwa indonesia ini penduduk yang paling banyak adalah ummat islam, maka dari itu orang islam harus menjaga orang islam yang lain, seperti sabda nya Rosululloh Saw : Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, dia tidak mendholiminya dan tidak membiarkannya untuk disakiti. Siapa yang membantu kebutuhan saudaranya maka Allah akan membantu kebutuhannya. Siapa yang menghilangkan satu kesusahan seorang muslim, maka Allah menghilangkan satu kesusahan baginya dari kesusahan-kesusahan hari qiyamat. Dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim maka Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat.

Dengan demikian bisa di simpulkan bahwa hubungan persaudaraan antar sesama umat Islam, wa bil khusus umat Islam di Indonesia, baik yang tergabung dalam ormas Nahdlatul Ulama atau Muhammadiyah mau pun ormas yang lain, selama mereka bertauhid dan sembahyang menghadap qiblat dan tidak merusak NKRI dan tidak merubah ideologi nya berarti itu adalah saudra kita dalam islam dan kita sebagai ummat wajib menjaga nya.

UKHUWAH ISLAMIYAH aja tidak cukup karna di Indonesia ini Bhinneka Tunggal Ika. Maka kita harus menerapkan 

UKHUWAH WATHONIYAH (Saudara se tanah air) Berbeda-beda suku,ras dan agama tapi tujuan nya sama yaitu membuat negara Indonesia ini menjadi Baldatun Thoyyibatun Warobbun Ghofur, Karna Rosululloh Saw telah mengajarkan kita untuk selalu menjaga negeri kita yg di tempati, seperti yang di jelaskan dalam kitab Shohih Bukhori yang di riwayat oleh Sahabat Anas : 
ان النبي صلى الله عليه وسلم اذا قدم من سفر فنظر الى جدرات المدينة أوضغ ناقته وان كان على دابة حركها من حبها
Rosululloh Saw ketika kembali dari bepergian, dan melihat dinding-dinding madinah beliau mempercepat laju untanya, karena kecintaan beliau pada Madinah.

Hadist di atas juga di jelaskan dalam kitab Fathu Al-Bari 
وفي الحديث دلالة على فضل المدينة وعلى مشروعية حب الوطن والحنين اليه
Hadis ini menjelaskan keutamaan kota madinah dan di syariatkan cinta tanah air dan rindu pada nya.

Klau negara Aman dakwah kita juga Nyaman, karna Indonesia merdeka bukan karna orang islam aja, tapi semua agama semua ras dan suku bersatu. Maka kita wajib menjaga bangsa indonesia baik org itu tidak se agama dengan kita atau tidak sesuku dgn kita. Tapi karna kita punya hubungan UKHUWAH WATHONIYAH/Saudara sebangsa maka kita wajib menjaganya dan mencintai nya tidak boleh mencintai nya.

Yang terakhir adalah UKHUWAH INSANIYAH (Saudara kemanusiaan) yang mana dalam hal ini cakupan nya lebih luas, karna kita wajib mencintai sesama ummat manusia sebagaimana sabda nya Rosululloh Saw
 
عن النبي صلى الله عليه وسلم قال لا يؤمن احدكم حتى يحب لأخيه ما يحب لنفسه 
Tidak sempurna iman salah seorang di antara kamu sebelum kamu mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.

Tentang hadits ini Syekh Muhammad Nawawi Banten di dalam kitab Al-Qomi'ut Thungyan, mengutip pandangan As-Suhaimi yang menggelorakan semangat persaudaraan meski dengan pemeluk agama di luar Islam


قال السحيمي في معنى هذا الحديث أي لا يكمل إيمان أحدكم حتى يحب لكل أخ ولو كافرا من غير أن يخص بمحبته أحدا دون آخر مثل ما يحب أن يحصل لنفسه من الطاعات والمباحات الدنيوية بأن تفعل معه ما تحب أن يفعله معك وتعامله بما تحب أن يعاملك به وتنصحه بما تنصح به نفسك وتحكم له بما تحب أن يحكم لك به وتحتمل أذاه وتكف عن عرضه وإذا رأيت له حسنة أظهرتها أو سيئة كتمتها انتهى
As-Suhaimi berkata perihal makna hadits tersebut, tidak sempurna keimanan salah satu di antara kamu sebelum ia mencintai saudaranya meski pun kafir tanpa membatasi kasih sayangnya untuk kelompok tertentu dan mengabaikan yang lain sebagaimana ketaatan dan banyak hal mubah duniawi lain yang dirinya terima, yaitu perlakuan baik, interaksi, nasihat, putusanmu terhadap mereka, tanggunganmu atas penderitaan mereka, dan penjagaan sikapmu atas kehormatan mereka sebagaimana kau  senang kalau mereka memperlakukan, berinteraksi, memberi nasihat dan putusan terhadapmu dengan baik. Jika melihat kebaikannya, kau memperlihatkannya di muka umum. Tetapi jika melihat kekurangannya, kau menutupinya.

Perkataan Syekh As-Suhaimi di atas sama dengan perkataan Sayyidina Ali 
الناس صنفان اما اخ في الدين او نظير لك في خلق الناس
Manusia ada dua kelompok saudaramu dalam agama atau saudara dalam penciptaan (kemanusiaan).

Dari keterangan di atas bisa di simpulkan, mari kita jaga NKRI ini dengan meningkatkan tiga Ukhuwah yang udah di terangkan di atas dan membuat negara ini menjadi بلدة طيبة ورب غفور


Penulis : Dr. KH. H. Undunsyah, MH., M.SI (Ketua PWNU Kaltara)

IKHLAS

Written By lesbumi on Senin, 29 Maret 2021 | 15.19


IKHLAS 

Di sebutkan dalam kitab حقائق عن التصوف
الإخلاص على ثلاث درجات إخلاص العوام والخواص وخواص الخواص
Tingkatan Ikhlas : Ekonomi, VIP dan VVIP

فإخلاص العوام هو إخراج الخلق من معاملة الحق مع طلب الحظوظ الدنيوية والأخروية 
Ikhlas tingkat ekonomi (Orang Awam) : yaitu berbuat karena Alloh semata, tapi masih menginginkan bagian dunia dan akhirat
كحفظ البدن والمال وسعة الرزق والقصور والحور
Seperti kesehatan dan kekayaan rizqi yg melimpah dan juga kemegahan di surga serta bidadari..

وإخلاص الخواص طلب الحظوظ الأخروية دون الدنيوية
Ikhlas tingkat VIP :yaitu hanya menginginkan bagian akhirat tanpa memperdulikan bagiannya di dunia

وإخلاص خواص الخواص إخراج الحظوظ بالكلية
Ikhlas tingkat VVIP : yaitu melepaskan seluruh keinginan/bagian kesenangan serta tidak minta balasan baik dunia dan akhirat
فعبادتهم تحقيق العبودية والقيام بوظائف الربوبية 
Mereka menyembah Alloh semata² hanya untuk  melaksanakan hak dan perintah Alloh Swt 
محبة وشوقا إلى رؤيته
Karena merek sangat cinta dan rindu untuk melihat Alloh Swt..

Ada di tingkatan No berapa kita..??

Penulis : KH. ACHMAD SHOLEH (Wakil ketua PCNU Tarakan)

TERORIS BUKAN ISLAM

Written By lesbumi on Minggu, 28 Maret 2021 | 14.56


TERORIS BUKAN ISLAM..
Orang yg mengaku islam, orang yg berpakaian sprti islam tapi tidak mencerminkan bahkan jauh dari ajaran islam, mereka itu yg di sebut TERORIS..
Mereka itu yg di sebut org yg hafal Al-Qur'an tapi gak paham isi Al-Qur'an sebagaimana sabda nya Rosululloh Saw

سيكون بعدي من أمتي قوم يقرؤن القرأن لايجاوز حلقمهم هم شر الخلق والخليقة

Akan muncul sekelompok kecil dari umatku yang membaca Al-Quran, namun tidak sampai ke tenggorokan (tidak dpat hidayah). Mereka itu sejelek² makhluk dan penciptaan...

Senada dengan perkataan Syekh Al-Ajurri di dalam kitab الشريعة

لم يختلف العلماء قديما وحديثا ان الخوارج قوم سوء عصاة لله عز وجل ولرسوله 
Para ulama Salaf dan kholaf tidak berbeda pendapat bahwa Khowarij adalah kaum yg buruk yang bermaksiat kepada Allah dan Rosululloh... 

 وان صلوا وصاموا واجتهدوا في العبادة فليس ذلك بنافع
Maskipun mereka sholat,puasa dan bersungguh dalam ibadag tetap g ada manfaat nya..

وان اظهروا الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر وليس ذلك بنافع لهم
Meskipun mereka menampakkan amar ma’ruf nahi munkar tetap gak ada manfaat nya...
 لأنهم قوم يتأولون القران على ما يهوون ويموهون على المسلمين
Karna mereka adalah kaum yg mengartikan Al-Qur’an sesuai selera mereka dan mereka itu mengkamuflase terhadap orang islam...

DAN MEREKA SALAH MENG ARTIKAN JIHAD..
Di jelaskan dalam kitab 
الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي

الجهاد في اللغة مصدر جاهد
Jihad secara bahasa merupakan bentuk masder dari kata kerja جاهد 
اي بذل جهدا في سبيل الوصول الى غاية ما
Mencurahkan kesungguhan dlm mencapai tujuan apapun. 
والجهاد في الأصطلاح الشريعة الأسلامية بذل الجهد في سبيل اقامة المجتمع الأسلامي 
Jihad dlm istilah syariat Islam : Mencurahkan kesungguhan dalam upaya menegakkan masyarakat yang Islami 
وان تكون كلمة الله هي العلياوان تسود شريعة الله في العالم كله
Agar kalimah Alloh/kalimat Tauhid/ajaran Islam menjadi mulia serta syari’at Alloh dapat dilaksanakan diseluruh penjuru dunia...

Di jelaskan dalam kitab الفقه الاسلامي وادلته
فالجهاد يكون بالتعليم وتعلم احكام الأسلام ونشرها بين الناس 
Jihad bisa dilakukan dgn cara mengajar, mempelajari hukum² Islam dan menyebarluaskannya 
وببذل المال وبالمشاركة في قتال الأعداء 
Membelanjakan harta benda dan berpartisipasi berperang menghadapi musuh
اذا اعلن الأمام الجهاد لقوله تعالى جاهدوا المشركين بأموالكم وانفسكم والسنتكم
Bila imam/pimpinan telah menginstruksikan jihad (perang) berdasar firman Alloh Swt
 جاهدوا المشركين بأموالكم وانفسكم والسنتكم

Sperti yg di jelaskan dalam kitab اعانة الطالبين
ووجوب الجهاد وجوب الوسائل لا المقاصد اذ المقصود بالقتال انما هو الهداية وما سواها من الشهادة 
Kewajiban jihad adalah washilah/perantara bukan tujuan, karena tujuan perang aslinya adalah memberi hidayah/petunjuk kebenaran.

واما قتل الكفار فليس بمقصود حتى لو امكن الهداية بأقامة الدليل بغير جهاد كان اولى من الجهاد 
Oleh sebab itu membunuh orang² kafir bukanlah tujuan yg sebenarnya sehingga seandainya hidayah bisa disampaikan dan dihasilkan dengan menunjukan dalil² tanpa berperang, maka hal ini lebih utama daripada berperang..

KESIMPULAN NYA :

Jihad yg paling penting adalah menegakkan masyarakat yg islami dan agar ajaran islam ini bisa tersebar luas seluruh penjuru dunia...

Klau kita melakukan tindakan anarkis, gmna ajaran islam mau tersebar di seluruh dunia...

Bisa² Islam yg di anggap teroris, karna kebodohan yg di lakukan oleh oknum ummat islam sendiri..

JIHAD YG PALING BAGUS..
Adalah melakukan ketaatan kpda Alloh Swt sprti yg di jelaskan dalam kitab 
زاد المسير في علم التفسير
قوله تعالى (وجاهدوا في الله) في هذا الجهاد ثلاثة اقوال 
Ada tiga pendapat di dalam arti jihad di dalam firman Allah ini. 
احدها انه فعل جميع الطاعات هذا قول الأكثرين
Yang pertama adalah melakukan segala bentuk ketaatan, dan ini pendapat mayoritas ulama..

Penulis : KH. NASIR IRVAN (Sekjen PCNU Tarakan)

HIMBAUAN WALI KOTA TARAKAN

HIMBAUAN ITU PERLU DI LURUSKAN 

Sebenar nya saya bosan mau bahas hal² yg Sunnah, tapi klau ada himbauan sprti ini saya kadang melihat nya kurang enak...

Himbauan ini tdk menguntungkan bagi Ahlussunnah Wal Jamaah wabil khusus warga  NU Di Tarakan..

Karna menurut saya klau sampai himbauan ini di edarkan, masyarakat yg tdk tahu dgn pemahaman tarawih yg 20 rokaat, maka lambat laun akan melazimkan yg 8 rakaat...

Seakan² nnti sama masyarakat yg 20 Rokaat ini salah, padahal benar..

Makax saya terangkan skg masalah sholat tarawih 20 rokaat apa betul gak ada dalil nya..?

Di dalam kitab المقتطفات لأهل البدايات karya nya KH.Marzuqi Mustamar 

ندب الجماعة في التراويح والوتر في رمضان وأنها عشرون ركعة 
Kesunnahan berjama’ah ketika tarawih dan witir di bulan Romadhon dan tarawih itu 20 Rakaat 

عن عبد الرحمن بن عبد القاري قال خرجت مع عمر بن الخطاب في رمضان في المسجد فإذا الناس أوزاع متفرقون 
Aku keluar bersama Sayyidina Umar ibn Khottob ke masjid pada bulan Ramadhan, ternyata manusia berpisah²

 فقال عمر إني أرى لو جمعت هؤلاء على قارئ واحد لكان أمثل 
Kemudian Sayyidina Umar berkata : Aku punya pendapat, andaikan saya kumpulkan mereka untuk berjamaah, pasti lebih afdhal
فقال عمر نعمت البدعة هذه. البخاري
Kemudia Sayyidina Umar berkata : Ini adalah bid’ah yg paling baik..

وروى البيهقي وغيره بإسناد صحيح
Diriwayatkan Imam Baihaqi dan lainnya dgn sanad yang shohih
أنهم كانوا يقومون على عهد عمر بن الخطاب رضي الله عنه في شهر رمضان بعشرين ركعة. 
Bahwasanya mereka mendirikan sholat pada zaman Umar ibn Khattab pada bulan ramadhan sebanyak dua puluh raka’at. 
وروى مالك في الموطأ 
Imam Malik meriwayatkannya dalam kitab Muwattho'
كان الناس في زمن عمر يقومون في رمضان بثلاث وعشرين ركعة. 
Manusia pada zaman Umar mendirikan sholat pada bulan romadhon sebanyak dua puluh tiga raka’at..
وجمع البيهقي بين الروايتين 
Dan Imam Baihaqi mengumpulkan dua riwayat tersebut
بأن الثلاث كانت وترا
Bahwasanya yang tiga raka’at adalah shalat witir..

Penulis : Anam Az-Zaheery (pengajar Lp Ma'arif Daruts Tsaqofah)

BERWIRA USAHA

Written By lesbumi on Sabtu, 27 Maret 2021 | 19.03


BERWIRA USAHA

وقل اعملوا فسير الله عملكم ورسوله والمؤمنون وستردون الى عالم الغيب والشهادة فيتبئكم بما كنتم تعملون
Bekerjalah kamu, maka Alloh dan Rosul nya serta orang² mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Alloh yg mengetahui hal² yg ghaib dan yg nyata, lalu diberitakan kepada kamu apa yg telah kamu kerjakan/usahakan...

Rosululloh Saw juga bersabda 
إن الله تعالى يحب العبد المؤمن المحترف
Sesungguhnya Allah mencintai seoarang mukmin yg bekerja..

Dari keterangan di atas bisa di simpulkan tidak ada larangan kita untuk berwirausaha/menjadi orang pembisnis...

Maka nya kata KH. Hasyim Asy'ary

"Wahai pemuda bangsa yang cerdik pandai dan para ustad yang mulia, mengapa kalian tidak mendirikan saja suatu badan usaha ekonomi yang beroperasi, dimana disetiap kota terdapat satu badan usaha yang otonom" 

Kenapa KH. Hasyim Asy'ary menyaran kita untuk mendirikan Badan Usaha Ekonomi..?

Karna dakwah tanpa di topang ekonomi tidak akan berjalan, dan akhir nya kita akan mengharapkan pemberian orang lain alias amplop..

Maka nya kata Sayyid Ali Al-Khowwas yg di terangkan dalam kitab المنح السنية 

عندى أن الذى يأكل من كسبه ولو مكروها كالحجام والقنواتى 
Menurutku orang yg makan dari hasil pekerjaannya sendiri walaupun pekerjaan makruh seperti tukang bekam dan pembuat tombak
أحسن من المتعبد 
Lebih baik daripada orang yang ahli ibadah
الذى يأكل بدينه ويطعمه الناس بصلاحه
Yg makan dari hasil menjual agamanya dan dari pemberian orang² lantaran kebaikannya/ke sholehan nya..

ثم لا يخفى أن الكسب للتكاثر والتفاخر مذموم شرعا
Namun tidak diragukan lagi bahwa bekerja/berusaha/berbisnis karena untuk menumpuk harta dan untuk berbangga² adalah tercela dalam Syara’...

حب المال والشرف ينبتان النفاق فى القلب كما ينبت الماء البقل
Cinta harta dan kemulyaan keduanya dapat menumbuhkan sifat munafiq didalam hati sebagaimana air yang dapat menumbuhkan tumbuh²..

والمراد بالدنيا ما زاد على الحاجة الشرعية
Yg dimaksud cinta dunia disini yaitu menumpuk harta dunia melebihi kebutuhannya secara syar'i..

KESIMPILAN NYA :
Silakan anda bekerja/berbisnis  tapi ingat jangan sampai di hati kita timbul rasa cinta trhadap dunia, karna org yg di hati nya timbul rasa cinta terhadap dunia, kelak di hari kiamat akan di umumkan di hadapan semua Makhluq nya Alloh swt..

ألا
Ingatlah..! 
 إن هذا فلان بن قلان قد أحب ما أبغض الحق تعالى 
Bahwa fulan bin fulan ini adalah orang yg cinta pada apa yang dibenci Alloh Swt 
فيكاد لحم وجهه يسقط
maka daging di wajahnya akab jatuh berguguran.

Penulis : Alem Wijaya S,E (Ketua LPNU Tarakan)

AHLU SUNNAH WAL JAMAAH HARUS BERSATU


PESAN KH. Slamet Basuki

لا اسلام إلا بالقوة 
ISLAM/ORGANISASI 
Tidak akan maju dan kokoh tanpa adanya KEKUATAN/POWER
ولا قوة إلا بالجماعة
KEKUATAN/POWER 
Tidak akan mungkin ada tanpa adanya PERKUMPULAN/JAMAAH..

Contoh : klau sendirian org itu tidak akan kuat/mampu memikul beban 300 ton, tapi klau jamaah/berkelompok maskipun 500 ton pasti bisa...
Maka nya kata KH. HASYIM AS'ARY dalam kitab Qonun asasi 
ان الناس لا بد لهم من الاجتماع والمخالطة لأن الفرد الواحد لا يمكن ان يستقل بجميع حاجاته
Manusia adalah makhluk yg wajib berjamaah/berorganisasi/bemasyarakat dan bergaul dgn yg lain. Karena seseorang tidak akan mampu memenuhi segala kebutuhannya sendiri. 

ولا جماعة إلا بالإمامة 
PERKUMPULAN/ANGGOTA  
Tidak akan bisa jalan tanpa adanya STRUKTUR DAN  PROGRAM..
Maka nya kata sayyidina Ali 
الحق بلا نظام يغلبه الباطل بالنظام
Kebenaran yg tidak terstruktur akan di kalahkan oleh kebatilan yg ter struktur..

Kita smua tau bahwa ummat nya nabi akan terpecah menjadi 73 golongan yg satu golongan akan masuk surga, yaitu Ahlu Sunnah Wal Jamaah..

Klau Ahlu sunnah wal jamaah masih tercerai berai/tidak struktur, maka akan di kalahkan oleh kelompok yg di luar ahlusunnah wal jamaah yg terstruktur..

ولا إمامة إلا بالطاعة 
PEMIMPIN DAN PROGRAM
Tidak akan bisa jalan tanpa adanya KETAATAN terhadap AD/ART ORGANISASI /UUD 45 

ولا طاعة إلا فى طاعة الله
ANGGOTA 
Wajib taat pada pemimpin selama tidak melanggar
AGAMA ATAU AD/ART ORGANISASI...

Kalau di atas di jalankan semua otomatis ORGANISASI akan jalan dan kita bisa

MENGHIJAUKAN/MENG NU kan BUMI PANGUNTAKA INI...!

Ket foto : Rapat Konsolidasi NU Tarakan


 
Support : NU | GP. ANSOR | PP Muslimat NU
Copyright © 2011. LESBUMI NU TARAKAN - All Rights Reserved
Dukungan MUI dan Kota Tarakan
Proudly powered by Blogger
}); //]]>