Home » » Mengenal Makna Dari Bismillah

Mengenal Makna Dari Bismillah

Written By Unknown on Jumat, 23 Desember 2016 | 11.18

Kesemua kitab kitab terdahulu terangkum maknanya dalam Alqur'an, di dalam Alqur'an ada 114 surat, 30 juz, semuanya terangkum dalam Al fateha dan makna Al fateha terangkum dalam bismillah dan tujuh ayat Al fateha terangkum dalam tujuh huruf bismillah (ba' , sin, mim, alif, lam, lam, ha') dan makna bismillah ada pada titiknya huruf ba' yang mengisyaratkan keesaan Allah dan Allah yang menguasai juga mengatur alam raya sendirian tanpa butuh yang lain ini di isyaratkan pada tanda melengkung di atas titik.
Disisi yang lain mbah yai Slamet Basuki pada sebuah kesempatan menjelaskan arti bismillah bagi masyarakat Jawa kuno. Bagi masyarakat Jawa, bismillah itu diartikan sebagai berikut:

1. BISO MILAH.
Kita harus bisa memilah milah mana yang haq dan mana yang batil.

2. BISO MILIH
Setelah bisa memilah mana haq dan mana yang batil berati kita harus milih ( punya pilihan )yang haq

3. BISO MOLAH MALEH
Setelah bisa memilih, masyarakat Jawa juga dituntut untuk bisa molah maleh dalam artian tidak buta akan hal yg tidak dipilih dan tidak mencampuradukkan.

4. BISO DIGOWO MOLEH
semua yang telah dilakukan dari proses memilah, memilih, dan molah maleh harus bisa dipertanggungjawabkan di hadapan sang Khaliq karena inti pada ajaran walisongo adalah segala sesuatunya bisa diterima oleh Allah dalam artian kita bisa innalillah wainna ilaihi rojiun dengan husnul khatimah.
BISMILLAHIRROMANIRROHIM

BISMILLAH (dengan menyebut nama Allah)
ROHMAN (yang maha pengasih pada segenap makhluk yang beriman ataupun tidak, maha memberi rezeki pada segenap mahluk yang beriman ataupun tidak,yang mengabulkan doa semua penduduk bumi, yang beriman ataupaun tidak)
ROHIM (yang maha penyayang, yang mencurahkan sayangnya hanya pada yang beriman saja).
sekarang kita lihat perbedaan antara makna  ROHMAN & ROHIM,
Makrifat lafaz ROHMAN adalah allah mencurahkan segala kasihnya pada semua mahluk yang beriman ataupun tidak, Allah juga memberi rezki & mengabulkan doa mereka semua tanpa memandang mereka beriman / tidak, maka jangan heran bin ajib jika melihat orang orang kafir juga di beri rezeki & doanya terkabul, ini semua karena sifat rahmannya allah.
Dan makrifat mendalam dari lafaz ROHIIM adalah rasa sayangnya Allah hanya untuk yang beriman, oleh karena itu yang dimasukkan ke surga hanya yang beriman saja. tapi kenapa orang muslim masih ada yang di masukkan neraka?.... itu karena untuk membersihkan mereka dari karat karat dosa agar bersih & layak masuk surga.

Bismillah adalah hadiah khusus dari Allah untuk Nabi Muhammad SAW dan umatnya yang berpahala besar bila dibaca, dan bisa menjadi tameng diri di dunia maupun di akhirat, Bismillahirrohmanirrohim ada 19 huruf yang bisa menjadi tameng bagi pembacanya dari amukan 19 malaikat zabaniyah yang ada di neraka dan tugasnya menggembleng penghuni neraka, yang bisa aman hanyalah yang dahulu rajin membaca Bismillah.
Itulah sekelumit ilmu  tentang bismillah yang  mungkin sedikit banyak bisa membuat kita tau apa itu bismillah,yang tidak hanya sekedar di baca baca saja tapi tau dan kenal apa itu bismillah,
wallahu a'lam

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : NU | GP. ANSOR | PP Muslimat NU
Copyright © 2011. LESBUMI NU TARAKAN - All Rights Reserved
Dukungan MUI dan Kota Tarakan
Proudly powered by Blogger
}); //]]>