Home » » DALIL YANG BERKAITAN DENGAN TAHLILAN

DALIL YANG BERKAITAN DENGAN TAHLILAN

Written By lesbumi on Minggu, 18 Desember 2016 | 19.06


1.MEMBACA AL-QURAN ATAU SURAT YASIN
إِقْرَأُواالْقُرْأَنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِياَمَةِ شَفِيْعاً لِأَصْحاَ بِهِ ,,, (رواه احمد ومسلم)
“Bacalah Al-quran, karna kelak di hari kiamat menjadi penolong baginya” (HR.Ahmad dan Muslim/Shahih)
مَنْ قَرَاَ الْأَيَـتَـيْنِ مِنْ اَخِرِالْسُوْرَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتاَهُ (متـــفق عليه)
“Barangsiapa membaca dua ayat dari akhir surat Al-baqarah di waktu malam, maka cukuplah (baginya)” (HR.Mutafaq alaih/ Shahih)
عن ابى سعيد الخدري رضي الله عنه أن رسول الله صلعم قال في (قُلْ هُوَاللهُ اَحَدٌ) "وَالَّذِى نَفْسِي بِيَدِهِ, إِنَّهَا لَتَعْدِلُ ثُلُثَ الْقرْآن" (رواه البخاري)
Dari Abi Said al-khudry RA, sungguh Rasulullah SAW berkata pada masalah surat QUL HUALLOHU AHAD, “Demi dzat yang diriku dalam genggamannya,sungguh QUL HUALLOHU AHAD sepadan dengan 1/3 Al-quran” (HR.Bukhari/Shahih)
مَنْ قَرَأَ يس إِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ ماَ تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ فَاقْرَأُوهَا عِنْدَ مَوْتَاكُمْ (رواه البيهقى)
“Barangsiapa membaca surat Yasin mengharap ridha Allah SWT, maka di ampuni dosa-dosanya yang dahulu, maka bacakanlah di sisi orang-orang mati kalian” (HR.Al-Baihaqi/Shahih)
إِقْرَأُوْا عَلَى مَوْتاَكُمْ يس (رواه احمد وابوداود وابن ماجه وابن حبان والحاكم)
"Bacakanlah surat Yasin atas orang mati kalian” (HR.Ahmad, Abu Daud, Ibn majah dll/Hasan). Dan hadits-hadits lainnya.
2.MAJLIS DZIKIR
“Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya,,,” (QS.Al-Kahfi:28)
Dalam tafsir Ibnu Katsir dijeleskan mengenai ayat ini: “duduklah bersama orang yg berdzikir, bertahlil, bertahmid bertasbih, bertakbir dan bermohon kpd Alloh di waktu pagi dan sore dari hamba Alloh baik yg fakir atau kaya, yg kuat atau yg lemah. Dikatakan sesungguhnya ayat ini turun berkenaan dgn pembesar2 Quraisy yg menghendaki agar Nabi SAW duduk bersama mereka saja dan tidak duduk bersama mereka orang2 lemah dari para sahabat seperti Bilal bin Rabah, Ammar binYasir, Suhaib, Khabbab dan Ibnu Mas’ud. Dan agar supaya mereka dibuatkan majlis khusus [tdk bercampur dgn mereka pembesar Quraisy-pent], maka Alloh melarang perbuatan itu”.
¬لاَيَـقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُوْنَ اللهَ تَعاَلَى اِلاَّحَفَّتْهُمُ الْمَلآئِكَةُ وَغَشِّيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ ؤَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ (رواه مسلم)
“Dan tidaklah berkumpul suatu kaum yang menyebut nama Allah kecuali mereka di kelilingi Malaikat, di limpahkan rahmat, di berikan ketenangan hati, dan memujinya dihadapan mahluk yang ada di sisi-NYA” (HR.Muslim/Shahih)
أَكْثِرُوْا ذِكْرَاللهَ حَتَّى يَقُوْلُوْا مَجْنُوْنٌ (رواه احمد وابى يعلى وابن حبان والحاكم وزالبيهقى)
“Perbanyaklah berdzikir pada Allah hingga orang-orang Munafik mengatakan gila” (HR.Ahmad, Abi Ya’la dll/Hasan), Dll.
3.PENGHADIAHAN PAHALA
Lihat Alquran surat Muhammad:19, Al-mukmin:7-9, Ibrahim:40-41, Al-hasyr:10, dll.
عن عائشة رضي الله عنها أنّ رجلا اتى النبى صلى الله عليه وسلم, فَقَالَ يَارَسُوْلَ الله: إِنَّ أُمِّي افْتُلِتَتْ نَفْسُهَا وَلَمْ تُوصِ، وَأَظُنُّهَا لَوْ تَكَلَّمَتْ تَصَدَّقَتْ، أَفَلَهَا أَجْرٌ، إِنْ تَصَدَّقْتُ عَنْهَا؟ قَالَ: نَعَمْ تَصَدَّقْ عَنْهَا (رواه البخارى و مسلم)
Dari Aisyah RA, ada seorang lelaki datang pada Nabi SAW lalu berkata: “Ibuku mati mendadak, sementara beliau belum berwasiat. Saya yakin, andaikan beliau sempat berbicara, beliau akan bersedekah. Apakah beliau akan mendapat aliran pahala jika saya bersedekah atas nama beliau?” Nabi SAW menjawab, “Ya. Bersedekahlah atas nama ibumu.” (HR.Bukhari dan Muslim/Shahih).
....ثُمَّ اَخَذَ جَرِيْدَةً رَطْبَةً فَشَقَّهَا نِصْفَيْنِ فَغَرَزَ فِى كُلِّ قَبْرٍ وَاحِدَةً, قَالُوْا: يَارَسُوْلَ اللهِ لِمَا فَعَلْتَ هَذَا؟ قَالَ لَعَلَّهُ يُخَفِّفُ عَنْهُمَا مَالَمْ يَبِسَا (رواهالبخارى)
“….Kemudian Nabi mengambil pelapah kurma yang masih basah lalu membelahnya menjadi dua bagian, kemudian menancapkan di masing-masing (dua) kuburan,satu. (para Shahabat) bertanya: kenapa engkau melakukan ini? Nabi menjawab: Semoga pelapah kurma (menjadi lantaran) meringankan beban si mayit selama belum kering” (HR.Bukhari/Shahih)
مَامِنْ مَيِّتٍ تُصَلِّى عَلَيْهِ اُمَّةٌ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ يَبْلُغُوْنَ مِائَةً كُلُّهُمْ يَشْفَعُوْنَ لَهُ إِلَّا شُفِعُوْا فِيهْ (رواه مسلم)
“Tidak ada seorang Mayit yang di shalati dari golongan orang-orang muslim hingga mencapai seratus orang, yang semuanya memintakan syafaat baginya kecuali di terima syafaatnya” (HR.Muslim/Shahih). Dan Hadits-Hadits lainnya yang semafhum.
4.MENCARI ILMU, SILATURRAHMI, TAWASSUL, SHADAQAH DLL dalam hadits Shahih yang tak terhitung jumlahnya.
Wallohu a’lam

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : NU | GP. ANSOR | PP Muslimat NU
Copyright © 2011. LESBUMI NU TARAKAN - All Rights Reserved
Dukungan MUI dan Kota Tarakan
Proudly powered by Blogger
}); //]]>